Tugas Akhir

APLIKASI AUGMENTED REALITY MAGIC BOOK PENGENALAN BINATANG UNTUK SISWA TK

Skripsi

Abstrak

Oleh : I Dewa Gede Wahya Dhiyatmika

Email : wahyadhiyatmika@yahoo.com

Fakultas / Jurusan : Fakultas Teknik / S1 Teknologi Informasi

Augmented reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang sangat pesat hampir di seluruh dunia. Teknologi Augmented Reality merupakan sebuah teknologi visual yang menggabungkan objek atau dunia virtual ke dalam tampilan dunia nyata secara real time. Binatang bisa juga disebut dengan fauna maupun satwa yang terdapat di alam semesta. Media yang mengangkat tema pengenalan binatang bagi Siswa TK, seperti poster binatang dan buku-buku ensiklopedia belum mampu menjadi media pengenalan binatang yang efektif bagi siswa, menangani permasalahan tersebut maka dibuat Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK. Aplikasi ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan imajinasi anak-anak mengenai binatang sehingga anak-anak bisa membedakan jenis-jenis binatang dengan baik serta dapat digunakan sebagai pembelajaran mengenai jenis-jenis binatang pada platform Android. Pembuatan aplikasi ini memiliki beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, menentukan tujuan dan sasaran, analisis kebutuhan, perancangan sistem, perancangan desain, pembuatan sistem dan testing sistem. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3 dimensi beserta suara dari binatang dan menampilkan informasi dari binatang yang dikelompokkan menurut makanan dan habitat dari binatang. Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru dan orang tua siswa mengenalkan jenis binatang kepada anak-anaknya.

Kata kunci : -

Download : File 1 File 2 File 3