Tugas Akhir

RANCANG BANGUN GAME EDUKSI RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID

Skripsi

Abstrak

Oleh : Ida Bagus Gde Kresna Adi Jaya

Email : kresnaadijaya@gmail.com

Fakultas / Jurusan : Fakultas Teknik / S1 Teknologi Informasi

Jumlah kendaraan setiap tahun di Indonesia terus meningkat. Salah satu penyebab meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia adalah orang Indonesia lebih suka menggunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Konsekuensinya angka pelanggaran kendaraan bermotor di Indonesia meningkat tajam. Berdasarkan data pelanggaran dari KNKT dengan banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor, maka dikembangkan penelitian yang berjudul Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Game ini dibuat untuk membantu para pengendara kendaraan bermotor dalam mempelajari dan menghafal arti dari rambu lalu lintas. Metode Pengacakan Fisher-Yates digunakan dalam Game Edukasi Rambu Lalu Lintas yang bersifat Multiple-Choice. Soal yang terdapat dalam Game Edukasi Rambu Lalu Lintas sebanyak 84 soal, yang dibagi menjadi tiga level yang berbeda. Level Mudah untuk rambu yang sering dijumpai di jalan perkotaan di Indonesia. Level Sedang untuk rambu yang jarang ditemui di perkotaan, melainkan banyak berada di daerah pedesaan maupun pegunungan. Level Susah lebih fokus kepada rambu yang sifatnya lebih terkait kondisi tertentu yang tidak umum atau lebih mengkhusus. Hasil dari penelitian game ini menunjukkan bahwa responden yang menyukai aspek gampeplay dari Game Edukasi Rambu Lalu Lintas sebesar 100%.

Kata kunci : -

Download : File 1 File 2 File 3