Tugas Akhir

Rancang Bangun Aplikasi Game 3D Kijang Emas Berbasis Android

Skripsi

Abstrak

Oleh : Desak Made Dewi Chandrawati

Email : dewichandrawati@rocketmail.com

Fakultas / Jurusan : Fakultas Teknik / S1 Teknologi Informasi

Game adalah sebuah media hiburan yang dapat menjadi pilihan kalangan masyarakat untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa penat setelah menjalani aktivitas. Pengguna aplikasi maupun game yang bersifat mobile meningkat seiring dengan berkembangnya aplikasi dan game yang telah dipublikasikan, dengan meningkatnya peminat dari aplikasi mobile untuk smartphone, melalui penelitian ini penulis berinisiatif mengembangkan sebuah game 3D bejudul “Rancang Bangun Aplikasi Game 3D Kijang Emas Berbasis Android” yang dikembangkan menggunakan aplikasi Unity dengan bahasa pemrograman C#. Game ini mengangkat cerita mengenai perjalanan Ramayana yang mengejar kijang emas karena Shinta meminta Ramayana untuk menangkapnya, cara bermainnya dengan memiringkan smartphone (fungsi accelerometer) serta dapat swipe pada layar untuk mengendalikan kijang emas saat berlari serta mengumpulkan buah yang digunakan untuk upgrade power-up, score dan diamond untuk melanjutkan permainan ketika game over. Fitur yang terdapat pada game ini adalah terdapat rintangan batu, potongan kayu dan ranting serta bola api pada setiap jalan yang dilewati, power-up, misi dan tutorial cara bermain, toko, selain itu terdapat tiga latar permainan yang dilewati dengan jalan lurus, naikan, turunan, belok ke kanan dan ke kiri. Kualitas Game 3D Kijang Emas berdasarkan hasil penilaian responden adalah aspek pengalaman pengguna dengan jawaban pernah 62%, aspek entertainment game baik dengan persentase 78.5%, aspek rekayasa perangkat lunak baik dengan persentase 68%, aspek user interface baik dengan persentase 80.5%, aspek content sangat baik dengan persentase 83%, aspek overall game sangat baik dengan persentase 84%, dan tampilan menu sudah berfungsi dan berjalan dengan baik.

Kata kunci : -

Download : File 1 File 2 File 3