Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi

HMTI merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi. HMTI merupakan sebuah organisasi dalam ruang lingkup jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

Website : hmti.unud.ac.id

Sampai saat ini, HMTI merupakan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) termuda yang berdiri di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana. HMTI dinyatakan resmi menjadi sebuah organisasi pada 7 Juni 2012 melalui Musyawarah Mahasiswa (Musma) Fakultas Teknik (FT).
HMTI dipimpin oleh seorang ketua yang dibantu oleh 2 orang wakil ketua, 2 orang sekretaris dan 2 orang bendahara. Dalam susunan kepengurusannya, HMTI terdiri dari 7 bidang, antara lain bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bidang Hubungan Masyarakat (Humas), bidang Minat dan Bakat, bidang Ilmiah, bidang Bursa, Bidang Sarana dan Prasarana, dan bidang Rohani. HMTI memiliki ruang sekretariat yang bertempat di Lantai 2 Gedung Teknologi Informasi Universitas Udayana.
Kegiatan Tahunan
Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi memiliki kegiatan-kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

1. Pekan Aksi Mahasiswa TI Hijau
Pekan Aksi Mahasiswa untuk TI Hijau (PAMTIH) merupakan salah satu wujud mahasiswa dalam merawat dan memperindah lingkungan kampus Jurusan Teknologi Informasi. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya rasa kebersamaan antara seluruh civitas akademik Jurusan Teknologi Informasi.

    

2. Musyawarah Anggota HMTI
Musyawarah Anggota (Musang) merupakan wadah untuk pengambilan keputusan tertinggi dalam suatu badan organisasi. Selain itu Musyawarah Anggota (Musang) berperan sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi anggotanya serta sebagai pengembang jiwa-jiwa kritis dalam menuju perbaikan-perbaikan organisasi. Dengan diselenggarakannya Musang Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan sesama anggota Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Udayana.

    

3. Bakti Sosial Teknologi Informasi
Bakti Sosial Teknologi Informasi merupakan kegiatan amal yang bertujuan untuk membantu atau menolong masyarakat yang memerlukan bantuan yang telah disumbangkan oleh civitas akademika teknologi informasi sebelumnya. Sumbangan yang dikumpulkan merupakan hal-hal yang kiranya masih bermanfaat bagi pihak yang memerlukan seperti buku-buku bekas, pakaian bekas layak pakai, bahan-bahan makanan dan sebagainya.

     

4. IT ESEGA
IT-ESEGA (Information Technology Electronic Sport Based On Excellent Games) merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana yang khusus memperlombakan cabang olahraga yang berkatagorikan electronic/e-sports. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana, mewadahi komunitas-komunitas para pencinta game (gamer) dan memperkenalkan bahwa game tidak hanya memiliki dampak yang buruk.

    

5. Information Technology Creative Competition (ITCC)
Information Technology Creative Competition merupakan ajang perlombaan sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi informasi bagi siswa SMA/K dan mahasiswa/i. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai program kerja Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana.

    

6. SPORTI
SPORTI merupakan salah satu acara rutin tahunan yang dilaksanakan mahasiswa jurusan Teknologi Informasi untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dan juga sebagai sarana menyalurkan minat dan bakat mahasiswa khususnya dibidang olahraga dan bidang non-akademis pada umumnya.

    

7. Seminar Nasional Teknologi Informasi
Kegiatan Seminar ini merupakan kegiatan dari bidang humas dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi atau wawasan baru bagi para peserta seminar. Seminar Nasional Teknologi Informasi dihadiri oleh pembicara yang berkenaan dengan Teknologi Informasi, sehingga nantinya mahasiswa atau peserta seminar mendapat wawasan baru mengenai Teknologi Informasi. Tema yang diangkat bisa merupakan prospek kerja pada bidang TI atau mengenai cabang ilmu sehubungan TI.

    

8. ITversary
ITversary merupakan singkatan dari Information Technology Anniversarry yaitu suatu rangkaian acara perayaan ulang tahun Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana yang memiliki tujuan utama untuk mempererat solidaritas, kebersamaan dan rasa kekeluargaan antar civitas Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana. Oleh karena itu acara yang diselenggrakan berupa potong tumpeng, perlombaan internal dan eksternal serta acara hiburan.

    

9. Sosialisasi Teknologi Informasi
Kegiatan sosialisasi SMA-SMK merupakan bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Udayana. Seperti yang diketahui, Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana merupakan jurusan termuda yang ada di lingkungan Fakultas Teknik (berdiri sejak tahun 2008). Oleh karena itu, untuk mengenalkan Jurusan Teknologi Informasi ini lebih luas lagi, maka perlu diadakannnya sosialisasi pengenalan jurusan kepada adik-adik yang saat ini berada di kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di wilayah Bali.

    

10. Tirta Yatra Teknologi Informasi
Dilatarbelakangi oleh upaya untuk menyukseskan program kerja Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam bidang kerohanian, maka diselenggarakan kegiatan Tirta Yatra. Tirta Yatra merupakan salah satu acara rutin tahunan yang dilaksanakan mahasiswa jurusan Teknologi Informasi dengan melakukan perjalanan sembahyang ke tempat-tempat suci untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Tirta Yatra sebenarnya telah menjaga ketiga aspek keharmonisan hidup di dunia yakni Tri Hita Karana, yaitu 3 hubungan yang harmonis, antara manusia dengan alam, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan Tuhan. Sebagai pelajar yang sedang menempuh pendidikan tinggi, sangat diperlukan adanya hubungan yang erat antara sang pencipta agar senantiasa diberkati, hubungan antar mahasiswa, dan hubungan mahasiswa dengan lingkungannya.

    

Ruang HMTI