Bakti Sosial Teknologi Informasi 2016

Sinduwati, 22 Oktober 2016

Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) merupakan salah satu himpunan mahasiswa dalam lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Udayana. HMTI memiliki salah satu kegiatan yang diselenggarakan tiap tahunnya yaitu Baksos TI. Bakti Sosial Teknologi Informasi, yang merupakan kepanjangan dari Baksos TI, memiliki tujuan untuk saling berbagi kepada sesama sekaligus untuk memperkenalkan program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana kepada masyarakat luas.

Tahun ini Baksos TI mengangkat tema “Hidup Sehat adalah Modal Awal Kesuksesanmu”. Tema Baksos TI kali ini diharapkan mampu mendorong kesadaran bahwa bagaimana pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini. Selain itu, Baksos TI juga berharap mampu menjadi contoh bagaimana dengan tubuh bersih kita dapat meraih kesuksesan dan cita-cita yang dimimpikan.

Kegiatan Baksos TI 2016 dilaksanakan pada 22 Oktober 2016 yang bertempat di Desa Sinduwati, Karangasem. Pemilihan tempat tersebut didasari bahwa Desa Sinduwati, Karangasem yang merupakan desa binaan Universitas Udayana, sehingga dari pihak panitia sekaligus ketua program studi memilih untuk melanjutkan binaannya di Desa Sinduwati, Karangasem. Pada Desa Sinduwati, Karangasem terdapat dua sekolah dasar, yaitu SDN 1 Sinduwati dan SDN 2 Sinduwati. Namun berdasarkan pertimbangan dan kelayakan, dari pihak panitia telah memutuskan untuk mengadakan kegiatan di SDN 2 Sinduwati.

Panitia Pelaksana yang melaksanakan kegiatan Baksos TI 2016 berjumlah sekitar 50 orang yang berasal dari angkatan 2015 dan 2014 beserta 9 orang volunteer dari mahasiswa/mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Udayana.

Dana yang digunakan dalam penyediaan sumbangan berasal dari hasil dagang keliling oleh panitia, sumbangan sukarela dari mahasiswa/mahasiswa program studi Teknologi Informasi serta bantuan dana dari pihak program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana.

Persiapan kegiatan Baksos TI 2016, dilakukan secara rutin setiap dua minggu oleh pihak panitia serta persiapan H-1 kegiatan panitia menginap di lokasi kegiatan yaitu SDN 2 Sinduwati.

Kegiatan Baksos TI 2016 dihadiri oleh kepala desa Sinduwati, kepala sekolah SDN 2 Sinduwati, ketua program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana, Sekretaris program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana, perwakilan BPMFT Universitas Udayana, Ketua HMTI Universitas Udayana, guru-guru SDN 2 Sinduwati, dosen program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana serta para staff/pegawai program studi Teknologi Informasi Universitas Udayana. Sumbangan yang diberikan yaitu berupa Keran Cuci Tangan, alat kebersihan serta bibit tanaman kepada pihak SDN 2 Sinduwati. Kegiatan Hari-H berjalan lancar sesuai rundown yang telah ditentukan yang berisi kegiatan menanam bibit tanaman, dan bersih-bersih tubuh seperti menggosok gigi dan mencuci tangan yang langsung diperagakan oleh siswa/siswi SDN 2 Sinduwati.

Dokumentasi Kegiatan Baksos TI 2016

Berikut ini adalah dokumentasi yang telah diabadikan selama berjalannya kegiatan Bakti Sosial Teknologi Informasi 2016.


Kegiatan Lomba kepada siswa SDN 2 Sinduwati

Persiapan H-1


Foto Bersama