Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018

Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2018. Bertempat di Hotel Oranjje Sanur, Denpasar diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi. Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) merupakan salah satu himpunan mahasiswa dalam lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Udayana. HMTI memiliki salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya yaitu Seminar Nasional Teknologi Informasi. Tahun ini, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 mengangkat tema “Harness the Power of IoT to Develop Smart Technology” sehingga diharapkan memberikan wawasan baru bagi masyarakat tentang penerapan Internet of Things dalam teknologi informasi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Tujuan dari diselenggarakannya Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 “Harness the Power of IoT to Develop Smart Technology” oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi ini adalah sebagai wadah untuk memperkenalkan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana kepada kalangan masyarakat luas melalui kegiatan seminar nasional, dan memperluas wawasan masyarakat umum mengenai Internet of Things. Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 memiliki 3 kategori sasaran peserta yaitu kategori umum, mahasiswa, dan pelajar yang dihadiri oleh 350 peserta. Panitia pelaksana kegiatan ini berjumlah 75 orang. Perencanaan dimulai dari minggu ketiga bulan November dengan merancang konsep dari pelaksanaan seminar.


Setelah mencari referensi pembicara dengan beragam latar belakang dan profesi, panitia Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 berhasil mengundang Sofian Hadiwijaya (Creative Technologist & Intel serta IOT Innovator) dan Norman Sasono (Co-founder & CTO Bizzy serta Senior Technical Evangelist Microsoft) sebagai pembicara yang memberikan materi sesuai dengan tema Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018.



Acara dimulai pada pukul 09.30 WITA yang diawali dengan tari pembukaan “Tari Merak Angelo”. Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana, dan dihadiri Dosen Program Studi Teknologi Informasi, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana juga Ketua Himpunan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana.



Pemaparan materi pertama oleh Bapak Norman Sasono dengan memberi materi dasar tentang Internet of Things. Setelah pemaparan materi oleh pembicara pertama, acara dilanjutkan dengan makan siang dan hiburan berupa demo IoT dari mahasiswa Teknologi Informasi dan akustik band. Pemaparan materi kedua diisi oleh Bapak Sofian Hadiwijaya dengan membawakan materi yaitu pengenalan smart techonology pada Internet of Things, serta memberikan gambaran mengenai peluang ide bisnis melalui IoT juga pengalaman-pengalaman dari pembicara. Acara ini diakhiri dengan pengundian doorprize dan ditutup oleh MC acara.