Kuliah Tamu : Nanosatellites Orbital Experiments and Imaging Over Indonesia

Rabu, 25 Oktober 2017 Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana kedatangan seorang pakar satelit nano Dr.Ing. Giulio MANZONI, beliau adalah seorang Managing Drector dari perusahaan MicroSpace. MicroSpace adalah perusahaan micro-technology(teknologi berukuran mikro) yang berbasis di Italia dan Singapura, yang khusus mengembangkan satelit mikro dan satelit nano. MicroSpace memberikan kesempatan untuk para peneliti, perusahaan dan organisasi untuk mendapatkan akses teknologi, sumberdaya dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan dan penggunaan satelit mikro dan satelit nano.

Kuliah tamu dari Dr.Ing. Giulio MANZONI dilaksanakan di Aula Suastika yang terletak di lantai 4 Gedung Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana. Bersama dengan Yesie L. BRAMA dari MicroSpace Micropropulsion R&D, Mr.MANZONI menyampaikan presentasi yang sangat menarik kepada mahasiswa dan dosen-dosen Program Studi Teknologi Informasi. Para mashasiswa dan dosen sangat antusias dengan pemaparan tentang pengembangan satelit dengan teknologi yang berukuran mikro, peluncuran satelit nano dengan roket ke orbit hingga komunikasi dari ground station dengan satelit nano yang ada di angkasa.


Pemaparan dari Dr.Ing. Giulio MANZONI


Mahasiswa dan dosen sangat antusias

Mr.MANZONI memaparkan bahwa secara umum satelit nano dapat digunakan sebagai komunikasi, navigasi dan observasi dari lapisan udara dipermukaan bumi. Hal-hal yang bisa dilakukan menggunakan satelit nano diantaranya adalah mendapatkan informasi cuaca, monitoring lingkungan pertanian, industri pertambangan dan perminyakan. Dengan konstelasi satelit-satelit nano memungkinkan didapatkanya informasi mengenai permukaan bumi dan komunikasi secara real-time. Kuliah tamu ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai referensi bagi para dosen dan mahasiswa yang tertarik untuk meneliti dan mengembangkan satelit nano.