KULIAH TAMU “SMART TOURISM” DALAM RANGKA KUNJUNGAN MAHASISWA MAGISTER DIGITAL TOURISM KERJASAMA BUKHARA STATE UNIVERSITY UZBEKISTAN DAN UNIVERSITAS GUNADARMA JAKARTA

Pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020, Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, mengadakan acara Kuliah Tamu berkaitan dengan kunjungan grup mahasiswa Magister (S2) Digital Tourism kerjasama antara Bukhara State University (BSU) Uzbekistan dengan Universitas Gunadarma Jakarta, dalam rangka sosialisasi penelitian dibidang Smart Tourism. Pembicara tamu adalah Dr. Detty Purnamasari, sekaligus pemimpin rombongan mahasiswa Uzbekistan dan dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi

Dalam pemaparannya, Dr. Detty menjelaskan tentang penelitian Smart Tourism yang melibatkan mahasiswa double degree BSU Uzbekistan dan Universitas Gunadarma. Penelitian telah dilaksanakan dengan mengambil beberap lokasi penelitian di Bali, yaitu di desa Penglipuran Bangli, desa Bakas Klungkung, dan Bedugul Tabanan. Proyek penelitian menggunakan metode Artifial Intelligence (AI), khususnya Machine Learning berbasis data, teknologi Cloud Computing, dan Mobile Application, dengan dukungan Laboratorium lengkap di Universitas Gunadarma.

Selanjutnya, perwakilan mahasiswa Uzbekistan memaparkan tentang daya tarik destinasi-destinasi pariwisata di Bhukara, dan profile Bukhara State University (BSU), serta kegiatan-kegiatan riset Pariwisata di BSU.

Sebelum menutup acara, Koordinator Program Studi Teknologi Informasi, Dr. Ir. I Made Oka Widyantara mengharapkan kegiatan project penelitian di bidang Smart Tourism dapat melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi TI, dan kedepannya dapat tercipta kerjasama riset antara BSU, Universitas Gunadarma dan Universitas Udayana.


Pemaparan Kuliah Tamu dari Dr. Detty



Foto Bersama Peserta Kuliah Tamu