Meetup IDBigData 14


idBigData merupakan sebuah komunitas bagi pelaku, pengguna dan penggiat Big Data di Indonesia yang bersifat open source. idBigData diresmikan pada tanggal 4 Desember 2014 pada acara konferensi Big Data Indonesia di Jogjakarta. idBigData bertujuan sebagai wadah bagi para komunitas yang menyatukan berbagai komponen dan penerapan teknologi Big Data di Indonesia yang nantinya diharapkan agar dapat mewujudkan sinergi yang membuahkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi anggota komunitas dan juga bagi bangsa Indonesia.

idBigData Meetup yang ke-14 kali ini diadakan di Universitas Udayana Aula Swastika Gedung Teknologi Informasi Fakultas Teknik Bukit Jimbaran pada tanggal 24 Maret 2017 pukul 09.00-15.00 WITA. Peserta idBigData yang berkisar 200 orang tidak hanya datang dari kalangan komunitas Big Data itu sendiri, tetapi datang dari seluruh elemen masyarakat mulai dari mahasiswa dan dosen dari dalam universitas ataupun universitas luar, karyawan yang bergelut di bidang Big Data dan lain lain.

Meetup idBigData ke-14 ini menghadirkan 4 narasumber yang ahli pada bidangnya, pertama Bapak Ir. Beno K Pradekso MSc.EE selaku Co-Founder dari idBigData yang memberikan materi mengenai “Pemanfaatan Sumber Daya Lokal untuk Mendukung Riset BIG DATA di Indonesia”. Pembicara kedua adalah Bapak I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T dari dosen Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana yang memberikan materi mengenai “Big Data dan Smart City”, kemudian pembicara ketiga adalah Bapak Bagus Rully Muttaqien yang juga merupakan Co-Founder dari Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI) yang memberikan materi mengenai “Privacy & Social Media in The Age of BIG DATA” dan pembicara keempat adalah Bapak Mawaddah selaku Head of Division Labs247 yang memberikan materi mengenai “Distributed Document Management System on Top of BIG DATA”.

Acara Meetup idBigData #14 dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi dan panitia Itversary sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar mulai dari masa persiapan hingga acara selesai.