Pelatihan PKM TI 2023

Pelatihan PKM TI tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 15 April 2023.Pelatihan PKM TI 2023 adalah salah satu program kerja Himpunan MahasiswaTeknologi Informasi(HMTI) yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untukmengetahui dan menambah pengetahuan mengenai PKM. Pelatihan PKM tahun 2023mengusung tema “Gelorakan Mahasiswa Teknologi Informasi yang Aktif, Kreatif danInovatif”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa Teknologi Informasidapat mengembangkan kompetensi dan semangat berkarya untuk menciptakan ide-idekreatif kemudian nantinya dapat disusun menjadi proposal PKM yang dapatbermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan Pelatihan PKM TI 2023 dipersiapkan melalaui beberapa tahapan, pertamaadalah pemilihan 27 panitia, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan konsepacara, melakukan survei kebutuhan kegiatan, melaksanakan rapat rutin setiapminggu, dan juga gladi. Pendanaan kegiatan pelatihan PKM TI 2023 didapatkandari dana HMTI, dari Prgram Studi dan juga penggalian dana dari panitia. Jumlahpeserta Pelatihan PKM TI 2023 adalah 160 mahasiswa yang berasal dari angkatan2021 dan 2022.

Pelatihan PKM TI 2023 dilaksanakan dalam dua rangkaian acara, yang pertamadilaksanakan pada tanggal 15 April 2023 adalah Pembukaan dan Pelatihan PKM TI,kemudian pada tanggal 27 Mei 2023 adalah klinik PKM TI 2023. Dengan adanyakegiatan PKM ini diharapkan dapat membangun PKM yang dapat berlanjut ke jenjangyang lebih tinggi pada tingkat Fakultas, Universitas, Nasional maupun Internasional.

LaporanKetua Panitia Pelatihan PKM TI 2023

Acaradibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi Dr.Eng,I Putu Agung Bayupati S.T, M.T. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakankegiatan ini adalah untuk mendapatkan hasil dan output dalam bentuk proposalPKM yang siap berkompetisi, bukan hanya formalitas saja. Diharapkan peserta mengikutipelatihan PKM ini dengan baik dan membuat proposal PKM yang baik dan berkualitas.Koordinator Program Studi menyampaikan bahwa, peserta yang mengikuti kegiatanPKM tidak akan rugi sudah meluangkan waktu dan energinya untuk membuat proposalPKM, karena ada mekanisme RPL(Rekognisi Pembelajaran Lampau), dimana kegiatanPKM akan diakomodasi dengan point SKS yang akan dicapai. PKM akan direkognisidengan sejumlah poin 10 SKS hingga mencapai PIMNAS. Beliau juga menggaris bawahibahwa berdasarkan pengalaman sebelumnya, topik-topik PKM yang seharusnya bisadiambil oleh mahasiswa TI justru diambil oleh Program Studi lain. Mahasiswa TIdiharapkan dapat melakukan riset dengan lebih baik sehingga bisa mendapatkanjudul-judul yang kreatif, inovatif dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

PembukaanAcara Pelatihan PKM TI 2023 oleh Koordinator Program Studi Teknologi Informasi

Pelatihan PKM TI 2023 mendatangkan tiga narasumber yang sudah malangmelintang di bidang kemahasiswaan dan PKM. Narasumber pertama adalah Ir. IGusti Ngurah Janardana, M.Erg. pernah menjadi Wakil Dekan III bidangkemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Udayana dan pernah mengantarkanmahasiswa Fakultas Teknik mengikuti PIMNAS. Narasumber kedua adalah Gusti MadeArya Sasmita, ST., MT. sebagai Pembina Kemahasiswaan Program Studi TeknologiInformasi. Narasumber ketiga adalah Anak Agung Ngurah Hary Susila, S.TI., M.MT.juga sebagai Pembina Kemahasiswaan Program Studi Teknologi Informasi.

PemaparanMateri Pelatihan oleh Narasumber 1 secara online melalui video conference

Pemaparan Materi Narasumber 2 Pelatihan PKM TI2023


Narasumber 3 Pelatihan PKM TI 2023