PILMAPRES TI 2022

Pada tanggal 3 September 2022 menyelenggarakan acarapembukaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2022(PILMAPRES TI 2022) dengantema Widya Kanigara. Widya berarti pengetahuan Kanigara berarti perwakilan,sehingga melalui PILMAPRES diharapkan dapat melahirkan seorang delegasi terbaikdari program studi Teknologi Informasi yang nantinya mewakili untuk ikut dalamajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas Teknik UniversitasUdayana. PILMAPRES TI 2022 terdiri dari tiga rangkaian, yang pertama yaituPembukaan dan Workshop karya tulis ilimiah, dan Sharing Session oleh narasumberyang diundang. Kedua adalah Technical Meeting dan presentasi finalis yang akandilaksanakan di bulan oktober. Puncaknya akan ada Awarding dan malampenghargaan dan penutupan Acara PILMAPRES TI. Peserta PILMAPRES tercatatsebanyak 25 siswa dari angkatan 2020 dan enam mahasiswa dari angkatan 2021,selain itu acara Workshop penulisan karya ilmiah diikuti oleh 108 mahasiswaangkatan 2022, 29 mahasiswa dari angkatan 2021, 21 mahasiswa dari angkatan2020.

Peserta PILMAPRES 2022

PILMAPRESTI 2022 merupakan kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi TeknologiInformasi yang bertujuan untuk mencari wakil-wakil dari Program Studi TeknologiInformasi yang menjadi delegasi untuk mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasipada tingkat fakultas dan universitas. Selain itu PILMAPRES TI juga dijadikansebagai wadah untuk mempresentasikan karya-karya mahasiswa dan bersama-samabelajar untuk memaparkan hasil karyanya. PILMARES TI 2022 merupakan PILMAPRESTI yang kedua dimana yang pertama pada tahun 2021 diselenggarakan secara onlinepada masa pandemi COVID 19. Puji syukur tahun ini dapat diselenggarakan secaraonline, sehingga dapat meningkatkan semangat perserta dalam mengikuti pemilihan.Dengan adanya kegiatan PILMAPRES ini diharapkan mahasiswa dapat mengharumkannama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Universitas Udayanahingga tingkat nasional.

PILMAPRES tingkat program studisangat perlu dilakukan dengan melihat pengalaman-pengalaman sebelumnya, yangcuma diselenggarakan pada level fakultas, banyak finalis-finalis dariperwakilan program studi gugur dipertengahan karena alasan tidak siap, sehinggadiputuskan pelaksanaan PILMAPRES dimulai pada level prodi, agar setidaknyacalon dari wakil program studi lebih bisa mempersiapkan diri untuk mengikutiproses penjaringan PILMAPRES pada tingkat yang lebih tinggi. PILMAPRES adalahgabungan dari seluruh prestasi anak-anak mahasiswa, dimana didalamnya adakegiatan prestasi, ada rekognisi dan juga ada kemampuan softskill, artinyaanak-anak yang berprestasi itu tidak hanya dimonopoli oleh satu kegiatan, tidakhanya kegiatan prestasi tapi mahasiswa yang berprestasi itu dari sisi lombamerekap punya prestasi lomba, ikut terlibat aktif dalam organisasi, baik ituditingkat unit, Program Studi, Fakultas maupun Universitas. Semakin tinggijabatannya poinnya juga semakin besar, Kegiatan recognisi adalah pengirimanpaper jurnal dari mahasiswa, dan kegiatan kewirausahaan, semua ini diakumulasisemua ditambah dengan kemampuan bahasa Inggris. Peluang ini bisa dimanfaatkanoleh mahasiswa apabila mendapatkan predikat berprestasi akan sangat besarpeluangnya mendapatkan beasiswa jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikanyang lebih tinggi. Sehingga melihat peluang yang sangat bagus ini diharapkanmahasiswa bersungguh-sungguh dan bersemangat mengikuti kegiatan PILMAPRES TIini. Baik disisi lomba maupun rekognisi, namun yang lebih diharapkan lebihbanyak di kategori lombanya. Dari kegiatan ini nantinya diharapka bagi HimpunanMahasiswa di tingkat prodi untuk lebih aktif mengikuti kegiatan-kegiatan lombayang diselenggarakan di tingkat nasional, disamping untuk kepentingan PILMAPRESjuga dapat digunakan untuk kepentingan ketercapaian IKU atau Indikator KinerjaUtama, hal ini merupakan salah satu target yang harus dicapai oleh seluruhinstitusi/Universitas dan target yang diberikan oleh Universitas sampai keProdi. Sampai saat ini tingkat kinerja perlu ditingkatkan. Perserta yangmengikuti pemilihan ini diharapkan dapat mempersiapkan diri karena masihmempunyai waktu enam bulan untuk pemenuhan masing-masing data untukketercapaian prestasi, karena untuk tingkat fakultas akan diselenggarakan bulanFebruari 2023, dan pada tingkat unit pada bulan Juni 2023, sehingga nantidiharapkan dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan tradisi perwakilanmahasiswa berprestasi di tingkat Nasional masih menjadi perwakilan dariFakultas Teknik.