Seminar Nasional ITCC 2022

Pada tanggal 29 Oktober 2022 Program Studi Teknologi Informasi, FakultasTeknik, Universitas Udayana melaksanakan kegiatan Seminar Nasional ITCC 2022yang mengangkat tema “Deep Dive into Metaverse, Can It Face Realworld”, yang diambildari tema utama ITCC “Inovation Technology to Build Digital Capabilities of Indonesia’sGeneration”. Pengambilan tema tersebut didasari atas istilah yang cukup populerdan kekinian mengenai salah satu penerapan teknologi informasi yaitu Metaverse.Berdasarkan tema tersebut seminar ini menghadirkan dua pembicara yang sudah lamaberkecimpung di bidang Metaverse. Seminar ITCC kali ini dilaksanakan denganmetode Hybrid dimana jumlah peserta 150 orang, 100 peserta mengikuti secara luringdan sisanya mengikuti seminar secara daring melalui platform Zoom meeting.Pendanaan untuk seminar ini berasal dari Program Studi Teknologi Informasi, sejumlahsponsor yang mendukung, dan penggalian dana dari internal.

Pembukaan Secara Resmi Kegiatan Seminar ITCC 2022

Seminar Nasional ITCC 2022 merupakan salah satu rangkaian acara ITCC(Information Technology Creative Competition) yang dilaksanakan di Aula SuastikaProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Seminarini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa ataupun masyarakat luastentang teknologi yang menjadi tren saat ini yaitu tentang Metaverse. Sambutandiberikan oleh Koordinator Program Studi Teknologi Informasi Dr.Eng I PutuAgung Bayupati, S.T.,M.T beliau mengapresiasi panitia yang mengorganisirkegiatan ini dan menyamput peserta ITCC yang bergabung secara daring. Tidaklupa beliau mengucapkan terima kasih kepada sponsor-sponsor dan menyandang danayang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan seminar nasional ITCC 2022.Kordinator Program Studi Teknologi Informasi juga menghimbau kepada panitiaagar memperhatikan ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan lomba ITCC karenakaitannya dengan mengundang dewan juri dari pihak luar prodi agar tidakmenunggu terlalu lama. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Dekan Tigabapak Ir. I Nyoman Budiastra, M.Kes., M.T., beliau mengapresiasi mahasiswaProgram Studi Teknologi Informasi yang aktif mempunyai program kerja yang cukupbanyak. Beliau juga antusias dengan topik seminar nasional yang mengangkatjudul Metaverse, yang dianggap sangat menarik dijadikan tema pembahasan didalamseminar ini, setelah mendapatkan pengetahuan tentang Metaverse ini nantinyadiharapkan mahasiswa tidak hanya berperang sebagai pengguna saja, melainkanjuga berperan sebagai inovator yang mampu mengembangkan teknologi ini dimasayang akan datang, sehingga dapat bersaing secara nasional maupun internasional.Penutup sambutan dari wakil dekan tiga dilakukan pembukaan acara seminar secararesmi melalui pemukulan gong.

Foto Bersama Para Undangan

Pembicara pertama pada seminar ini adalah Hendika Permana beliau adalah CEOHENBUK dan Chairman di Harmoni Permata. Beliau memaparkan fundamental dariMetaverse dan penerapannya pada bisnis yang sudah pernah dilakukan. Pembicara banyakmemberikan sharing cerita tentang pengalamannya menerapkan teknologi Metaverse berbasisVR dalam bidang hospitality khususnya pada website hotel dan pariwisata. Pemaparandari narasumber yang pertama ini sangat menarik karena materinya adalahpengalaman pribadi dari pembicara sendiri, suka dukanya dalam menjalankanbisnis teknologi metaverse yang berbasis VR. Materinya sangat berguna bagi yangtertarik untuk menjadi pengusaha dibidang Metaverse agar terhindar dari kegagalanberbisnis.

Pembicara Pertama Handika Permana

Pembicara kedua Dewangga Praxindo adalah Founder dan CEO dari ICryptoMedia,yang merupakan komunitas Crypto dari Yogyakarta, Freelense mesari.iomenyampaikan lebih mendalam dari Metaverse dan teknologi Blokchain. Materinya adalahtentang bagaimana kita bisa ikut terlibat dalam Metaverse, kedua ada Elemens atauaktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Metaverse dan ketiga adalahtools-tools yang bisa digunakan di Metaverse, yang keempat bagaimana caranyamenjadi developer di Metaverse. Pembicara adalah seorang konten kreator yangmengikuti perkembangan NFT, Cryptocurrency dan teknologi Blockchain. Semuakonten mengenai teknologi metaverse bisa diakses di sosial media dan channelyoutubenya.

Pembicara Kedua Dewangga Praxindo