SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI 2017

Denpasar, 4 Maret 2017. Bertempat di Hotel Mahajaya, Denpasar diselenggarakan kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017 oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi. Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) merupakan salah satu himpunan mahasiswa dalam lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Udayana. HMTI memiliki salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya yaitu Seminar Nasional Teknologi Informasi.

Tahun ini, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017 mengangkat tema “The Art of IT Security and Hacking” dimana diharapkan dengan seminar ini dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap kejahatan dan perlindungan terhadap komputer.

Tujuan dari diselenggarakannya Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017 “The Art of IT Security and Hacking” oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi ini adalah sebagai wadah untuk memperkenalkan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana kepada kalangan masyarakat luas melalui kegiatan seminar nasional, dan memperluas wawasan masyarakat umum mengenai security dan hacking.

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017 memiliki 3 kategori sasaran peserta yaitu kategori umum, mahasiswa, dan pelajar yang dihadiri oleh 300 peserta. Panitia pelaksana kegiatan ini berjumlah 70 orang. Perencanaan dimulai dari minggu ketiga bulan Oktober dengan merancang konsep dari pelaksanaan seminar.

Setelah mencari referensi pembicara dengan beragam latar belakang dan profesi, panitia Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017 berhasil mengundang Bapak Onno W Purbo (Indonesian IT Expert) dan Satria Ady Pradana (DracOS Team) sebagai pembicara yang memberikan materi sesuai dengan tema Seminar Nasional Teknologi Informasi 2017.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WITA yang diawali dengan tari pembukaan “Tari Merak Angelo”. Acara dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Udayana, dan dihadiri Ketua Program Studi Teknologi Informasi, Sekretaris Program Studi Teknologi Informasi, dan Dosen Program Studi Teknologi Informasi.

Pemaparan materi pertama oleh Bapak Satria Ady Pradana dengan membawakan materi yaitu pengenalan security dan hacking, serta tips melakukan perlindungan terhadap komputer pribadi.

Setelah pemaparan materi oleh pembicara pertama, diadakan makan siang dan hiburan berupa pantomime dan akustik band. Pemaparan materi kedua diisi oleh Bapak Onno W. Purbo dengan materi hacking dan melakukan live hacking. Acara ini selesai dengan pengundian doorprize dan ditutup oleh MC.