Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Pembukaan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Seminar Nasional Teknologi Informasi merupakan kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi yang bertujuan memperkenalkan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana kepada kalangan masyarakat luas melalui kegiatan seminar nasional, selain itu Seminar Nasional Teknologi Informasi yang dimana tahun ini mengangkat permasalahan Big Data yang merupakan salah satu komponen revolusi industry 4.0. Hal ini diharapkan akan dapat memberikan wawasan baru bagi masyarakat tentang penerapan Big Data dalam teknologi informasi di kehidupan sehari-hari serta dalam perkembangan revolusi industry 4.0.

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019 yang tema “Data Revolution Towards Industrial Digitalization” dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 bertempat di B Hotel Bali & Spa, Denpasar. Diangkatnya tema terkait Big Data yaitu dilatarbelakangi oleh perkembangan Industri Dunia saat ini telah memasuki era baru yaitu tahapan Revolusi Industri 4 atau pada zaman now lebih sering kita dengar dengan Industri 4.0.

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Konsep dari Industri 4.0 ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas fabrikasi dengan mengurangi waktu proses produksi, pemasaran, pendistribusian sehingga meningkatkan efisiensi serta menekan biaya secara keseluruhan. Empat pilar yang penting dalam revolusi industry 4.0 adalah Big Data, Internet of Things, Technical Assitance, dan Artificial Intelligence.

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Penggunaan Big Data mampu memungkinkan melihat data apa saja yang dimiliki, apakah ada data yang terlantar atau terabaikan, kemudian dapat mengoptimalkan sumber data yang dimiliki. Dengan adanya teknologi Big Data, diharapkan data yang ada sebagai aset informasi dapat memberikan informasi yang mendalam, ter-automasi dalam prosesnya sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Foto Bersama Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019

Seminar Nasional Teknologi Informasi 2019 menghadirkan dua pembicara yang sudah lama berkecimpung di dunia big data, yaitu Muhammad Imran selaku Head of Big Data Projects & Advanced Analytics dan Ardya Dipta Nandaviri selaku Senior Data Scientist GOJEK. Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan agar kedepannya dengan mengimplementasikan Big Data mampu mendigitalisasi industri yang ada menuju era industri yang serba digital.